LEMBAR KEGIATAN SISWA
SEKOLAH
MENENGAH ATAS
STANDAR
KOMPETENSI :
·
Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk teknologi
KOMPETENSI
DASAR :
·
Menggunakan alat ukur listrik.
·
Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.
TOPIK PERCOBAAN
: HUKUM OHM
A. Indikator
1.
Kognitif
a.
P roduk
1. Menjelaskan pengertian arus listrik dan beda potensial
listrik
2. Menyebutkan bunyi hukum Ohm
b.
Proses
1. Menggambarkan hubungan arus lisrik dan
beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik
2. Menerapkan
hukum Ohm untuk menghitung arus dan Tegangan
2.
Psikomotor
1.Menyusun rangkaian listrik seri dan paralel
2. menggunakan amperemeter dalam suatu rangkaian
3. menggunakan voltmeter dalam rangkaian listrik
3.
Afektif
a.
Karakter :
Dalam melakukan kegiatan pengamatan menunjukkan sifat:
1. Jujur : jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2. Tanggungjawab : bertanggungjawab atas penggunaan alat dan bahan
b. Keterampilan sosial:
Dalam melakukan kegiatan
pengamatan dapat berpartisipasi aktif dalam hal:
1. Bertanya: Bertanya jika memang diperlukan
2. Menyumbangkan ide atau berpendapat: Menyampaikan ide pendapat jika
hal tersebut dapat menyelesaikan masalah
3. Menjadi pendengar yang baik: Mendengarkan
dengan baik jika ada pendapat lain
B. Tujuan Percobaan
1.
Kognitif
a. Produk
1. Menjelaskan pengertian arus listrik dan beda potensial
listrik
2. Menyebutkan bunyi hukum Ohm
b. Proses
Siswa ditugasi untuk mempelajari materi
hukum ohm, dengan disertai LKS yang menunjang. Dengan menjawab pertanyaan-
pertanyaan dalam LKS, diharapkan siswa sudah memiliki pengetahuan tentang hukum ohm. Untuk memantabkan pengetahuannya
LKS didiskusikan bersama kawan dalam kelompoknya, kemudian siswa dapat Menggambarkan hubungan arus lisrik dan beda potensial
dalam bentuk tabel dan grafik,
Menerapkan hukum Ohm untuk menghitung arus dan tegangan
dan kemudian guru membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan.
2.
Psikomotorik
1. siswa dapat Membuat
rangkaian listrik seri dan paralel
2.siswa dapat
menggunakan amperemeter dalam suatu rangkaian
3. siswa dapat menggunakan
voltmeter dalam rangkaian listrik
3.
Afektif
a.Karakter :
Dalam melakukan kegiatan
pengamatan menunjukkan sifat:
1.Jujur : jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2.Tanggungjawab : bertanggungjawab atas penggunaan alat dan bahan
b.Keterampilan sosial:
Dalam melakukan kegiatan
pengamatan dapat berpartisipasi aktif dalam hal :
1.Bertanya:
Bertanya jika memang diperlukan
2.Menyumbangkan
ide atau berpendapat : Menyampaikan ide pendapat jika hal tersebut
dapat menyelesaikan masalah
3.Menjadi pendengar yang baik:
Mendengarkan dengan baik jika ada pendapat lain
C.
Alat dan Bahan
a.
Papan
rangkaian listrik sederhana (1
lembar)
b.
amperemeter (1
buah)
c.
voltmeter (1
buah)
d.
resistor
(1
buah)
e.
Catu
daya (1
buah)
f.
Lampu (1
buah)
D.
Skema Alat
pada gambar di samping:
A
: amperemeter
V
: voltmeter
R :
resistor
L
: lampu
e : catu daya (sumber tegangan variabel)
E. Prosedur
Kerja
a. Set peralatan seperti skema alat di atas
b. Pilihlah tegangan sumber dengan nilai paling kecil pada
catu daya
c. Ukurlah tegangan pada resistor dengan menggunakan
voltmeter
d. Ukurlah kuat arus pada rangkaian dengan menggunakan
amperemeter (kuat arus pada amperemeter sama dengan kuat arus pada resistor)
e. Ubahlah tegangan sumber dengan nilai yang berbeda dari
sebelumnya, kemudian lakukan langkah-langkah pengukuran tegangan dan kuat arus
untuk nilai sumber tegangan yang dipilih
f. Masukkan data yang diperoleh ke dalam tabulasi berikut:
No
|
Tegangan sumber (V)
|
Kuat arus (ampere)
|
Tegangan pada resistor (V)
|
1.
2.
3.
|
g. Buatlah grafik V-I yang diperoleh untuk masing-masing
pilihan nilai sumber tegangan
F.
Soal
Evaluasi
1. Hasil percobaan dengan menggunakan sebuah resistor
diperoleh grafik V-I sebagai berikut:
Dari
grafik di samping, tentukan:
a.
Kemiringan
grafik
b.
Hambatan
resistor yang digunakan dalam percobaan
2. Perhatikan rangkaian listrik berikut ini.
Hitunglah:
a. Kuat arus yang mengalir pada hambatan 40 W
b. beda potensial pada hambatan 5 W
3.
Dua
buah batere dan dua resistor dirangkai seperti gambar berikut:
Tentukan:
a. hambatan total
b. tegangan total
c. kuat arus pada rangkaian
d. kuat arus pada hambatan 4 W
e. beda potensial di ujung-ujung hambatan 7 W
4. Perhatikan
rangkaian majemuk berikut:
Tentukan:
a. kuat arus i2
b. tegangan pada hambatan 4W
0 komentar:
Posting Komentar