James Derulo's

Portfolio

LKS listrik dinamis

Leave a Comment

LEMBAR KEGIATAN SISWA
SEKOLAH MENENGAH ATAS

STANDAR  KOMPETENSI :
·         Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
KOMPETENSI DASAR :
·         Menggunakan alat ukur listrik.
·         Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.
TOPIK PERCOBAAN : HUKUM OHM
A.    Indikator
1.      Kognitif
a.       P            roduk
1. Menjelaskan pengertian  arus listrik dan beda potensial listrik
2. Menyebutkan bunyi hukum Ohm
b.      Proses
1. Menggambarkan hubungan arus lisrik dan beda   potensial dalam bentuk tabel dan grafik
2. Menerapkan hukum Ohm  untuk menghitung arus dan Tegangan
2.      Psikomotor
1.Menyusun rangkaian listrik seri dan paralel
2. menggunakan amperemeter dalam suatu rangkaian
3. menggunakan voltmeter dalam rangkaian listrik
3.      Afektif
a.       Karakter  :
Dalam melakukan kegiatan pengamatan  menunjukkan sifat:
1. Jujur  : jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2. Tanggungjawab : bertanggungjawab atas penggunaan alat dan bahan
b. Keterampilan sosial:
    Dalam melakukan kegiatan pengamatan dapat berpartisipasi aktif dalam hal:
1. Bertanya: Bertanya jika memang diperlukan
2. Menyumbangkan ide atau berpendapat: Menyampaikan ide pendapat jika hal tersebut dapat menyelesaikan masalah
3. Menjadi pendengar  yang  baik: Mendengarkan dengan baik jika ada pendapat lain
B.     Tujuan Percobaan
1.      Kognitif
a.      Produk
1. Menjelaskan pengertian  arus listrik dan beda potensial listrik
2. Menyebutkan bunyi hukum Ohm
b.      Proses
Siswa ditugasi untuk mempelajari materi hukum ohm, dengan disertai LKS yang menunjang. Dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan dalam LKS, diharapkan siswa sudah memiliki pengetahuan tentang  hukum ohm. Untuk memantabkan pengetahuannya LKS didiskusikan bersama kawan dalam kelompoknya, kemudian siswa dapat Menggambarkan hubungan arus lisrik dan beda potensial dalam bentuk   tabel dan grafik, Menerapkan hukum Ohm  untuk menghitung arus dan  tegangan dan kemudian guru membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan.
2.      Psikomotorik
1. siswa dapat Membuat rangkaian listrik seri dan paralel
2.siswa dapat menggunakan amperemeter dalam suatu rangkaian
3. siswa dapat menggunakan voltmeter dalam rangkaian listrik
3.      Afektif
a.Karakter  :
    Dalam melakukan kegiatan pengamatan  menunjukkan sifat:
1.Jujur  : jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2.Tanggungjawab : bertanggungjawab atas penggunaan alat dan bahan
b.Keterampilan sosial:
   Dalam melakukan kegiatan pengamatan dapat berpartisipasi aktif dalam hal :
   1.Bertanya: Bertanya jika memang diperlukan
2.Menyumbangkan ide atau berpendapat : Menyampaikan ide pendapat jika  hal tersebut dapat menyelesaikan masalah
3.Menjadi pendengar  yang  baik: Mendengarkan dengan baik jika ada pendapat lain

C.    Alat dan Bahan
a.    Papan rangkaian listrik sederhana          (1 lembar)
b.    amperemeter                                           (1 buah)
c.    voltmeter                                                (1 buah)
d.   resistor                                                    (1 buah)
e.    Catu daya                                               (1 buah)
f.     Lampu                                                    (1 buah)
D.    Skema Alat
pada gambar di samping:
A : amperemeter
V : voltmeter
R : resistor
L : lampu
e : catu daya (sumber tegangan variabel)
E.     Prosedur Kerja
a.      Set peralatan seperti skema alat di atas
b.      Pilihlah tegangan sumber dengan nilai paling kecil pada catu daya
c.      Ukurlah tegangan pada resistor dengan menggunakan voltmeter
d.     Ukurlah kuat arus pada rangkaian dengan menggunakan amperemeter (kuat arus pada amperemeter sama dengan kuat arus pada resistor)
e.      Ubahlah tegangan sumber dengan nilai yang berbeda dari sebelumnya, kemudian lakukan langkah-langkah pengukuran tegangan dan kuat arus untuk nilai sumber tegangan yang dipilih
f.       Masukkan data yang diperoleh ke dalam tabulasi berikut:

No
Tegangan sumber (V)
Kuat arus (ampere)
Tegangan pada resistor (V)
1.
2.
3.




g.      Buatlah grafik V-I yang diperoleh untuk masing-masing pilihan nilai sumber tegangan

F.     Soal Evaluasi
1.      Hasil percobaan dengan menggunakan sebuah resistor diperoleh grafik V-I sebagai berikut:
Dari grafik di samping, tentukan:
a.    Kemiringan grafik
b.    Hambatan resistor yang digunakan dalam percobaan

2.      Perhatikan rangkaian listrik berikut ini.
Hitunglah:
a. Kuat arus yang mengalir pada hambatan 40 W
b. beda potensial pada hambatan 5 W



3.      Dua buah batere dan dua resistor dirangkai seperti gambar berikut:
Tentukan:
a.  hambatan total
b.  tegangan total
c.  kuat arus pada rangkaian
d. kuat arus pada hambatan 4 W
e.  beda potensial di ujung-ujung hambatan 7 W

4.      Perhatikan rangkaian majemuk berikut:
Tentukan:
a. kuat arus i2
b. tegangan pada hambatan 4W

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar